Internet Income - Uang Dari Internet

Internet Income: Bisnis Internet | Bisnis Online | Make money online | Paid to review | paid per click | paid to click | bisnis affiliate | Bisnis Web Hosting | bisnis lewat internet
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Google Adsense, Pentingkah Menjadi Bagian Dari Blog/Website Anda?  

Google Adsense merupakan salah satu cara dalam memonetasi blog/website. Cara kerjanya sangat sederhana. Syarat utamanya anda harus memiliki sebuah blog - bahasa Inggris tentunya- kemudian anda daftarkan ke program google adsense, selanjutnya jika di-approve anda tinggal meng-kopi kode iklan yang tersedia kemudian anda tempatkan di blog/website anda. Setiap kali halaman diakses, java script yang akan menarik iklan dari program AdSense, iklan yang ditargetkan biasanya dikaitkan dengan konten yang terdapat pada blog/website anda. Jika pengunjung meng-klik iklan yang tampil, webmaster penyaji iklan akan mendapatkan uang dari pengiklan melalui mesin pencari untuk klik tersebut.

Konsep pengiklanan seperti ini sudah banyak tersedia di internet. Ini merupakan peluang untuk meraih internet income bagi blogger. Namun demikian, mengapa google adsense menjadi esensial? Berikut beberapa alasannya:


Pertama, Google Adsense sudah memiliki sejarah yang panjang dalam memahami kebutuhan publisher dan webmaster. Seiring dengan kemajuan teknologi, system dan penampilan iklanpun semakin beragam sehingga memungkinkan sang webmaster untuk mengkustomisasi iklan yang akan ditampilkan di situsnya. Webmaster diberi kesempatan untuk memilih berbagai jenis format iklan teks yang lebih baik untuk melengkapi konten blognya dan menyesuaikan dengan tata letak halaman blog/website-nya. Dengan berbagai format iklan, akan lebih meningkatkan kemungkinan pengunjung meng-klik iklan yang tampil. Terlepas apakah pengunjung tersebut tahu atau bisa saja tidak mengetahui apa yang mereka klik.

Alasan yang kedua, publisher AdSense diberi fasilitas untuk melacak perkembangan pendapatan blog/website mereka dalam program adsense. Report ini bukan hanya secara global, tetapi juga termasuk yang lebih detil seperti pendapatan berdasarkan channel yang ditetapkan. Improvisasi terbaru di search engine memungkinkan webmaster untuk memonitor kinerja iklan mereka, termasuk untuk melihat detail page impressions, jumlah klik, dan CTR. Webmaster dan publisher sekarang dapat melacak format iklan tertentu, warna dan halaman dalam sebuah situs web.
Dengan laporan real-time, setiap perubahan yang dilakukan akan dapat dinilai atau dipantau efektivitasnya dengan segera. Anda juga memiliki kesempatan untuk merapikan isi blog atau iklan anda sehingga kemungkinan pengunjung untuk mengklik iklan yang tampil meningkat pula. Tools yang lebih fleksibel juga memungkinkan webmaster untuk menggabungkan halaman web mereka berdasarkan URL, domain, jenis iklan atau kategori. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi webmaster untuk mengetahui secara akurat tentang halaman, iklan dan domain yang memiliki kinerja terbaik.

Alasan yang lain adalah pengiklan menyadari keuntungan yang diperoleh dari iklan mereka yang tampil pada website yang ditargetkan. Sehingga dapat meningkatkan kemungkinan prospek yaitu para surfer akan tertarik pada produk dan layanan mereka. Para pengiklan tidak perlu repot-repot lagi untuk mempromosikan produk mereka yang kadang-kadang tampil pada blog atau website yang tidak ada kaitannya dengan produk mereka. Dengan system ini secara tidak langsung para webmaster sudah membantu menjelaskan produk atau layanan mereka kepada para pengunjung. Dapat anda bayangkan bagaimana sangat menyebalkan mengunjungi sebuah website yang menyajikan informasi tentang otomotif, malah menampilkan iklan makanan bayi misalnya. Dengan program adsense hal itu tidak mungkin terjadi.

Adsense merupakan semua hal yang berkaitan dengan konten yang terbidik, semakin konsisten isi website/blog anda, semakin tinggi kemungkinan akan menjadi target iklan dari mesin pencari.
Masih ada orang-orang yang belum menyadari tentang uang yang akan diraih dari periklanan terutama google adsense. Nah melihat potensi yang besar tersebut mulai saat ini sebaiknya kita merapikan blog kita terutama isinya sehingga kita bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar. Yakinlah internet income akan bisa kita raih, karena jumlah pengguna internet terus meningkat dari waktu ke waktu, dan orang semakin menyadari bahwa internet adalah salah satu sumber informasi yang lebih cepat dibandingkan media yang lain.

AddThis Social Bookmark Button

16 comments

  • --  
    November 22, 2008 at 10:12 PM

    Saya belum ikut. Pengen sih,.. Kapan2 :)
    Makasih infonya ya..

  • Anonymous  
    November 22, 2008 at 11:31 PM

    saya syudah ikut tapi bagaimana nantinya apakah hanya untuk pegel tangan doang kang?

  • rezkizuka  
    November 23, 2008 at 11:28 AM

    kang salam kenal, aku dah pasang adsense tapi susah ya dapet hasilnya. saran kang. hatur nuhun. from bayi-anak
    oh iya, tuker link ya. udah dipasang di bayi-anak hehe

  • Anonymous  
    November 23, 2008 at 8:04 PM

    @helen: secepatnya aja..
    @abahrafi: yup..nggak, pasti ada hasilnya.
    @rezkizuka: salam kenal juga. ya perlu kesabaran hehe

  • Ardian  
    November 24, 2008 at 8:17 PM

    Waduh mas, earningku dari Google Adsense naek turun nih, masih blom stabil T_T Ada tips ga ?

  • Anonymous  
    November 25, 2008 at 5:02 AM

    menarik.. thx infonya..!

  • bertopeng17  
    November 26, 2008 at 1:18 AM

    waduh ? kalau aku malah bellum di acc mas sama kang google

  • Anonymous  
    November 26, 2008 at 8:52 AM

    mmmm, penting ga penting tergantung tujuannya sih, ane sih pake di personal blog ane, buat ngeramein aja, tapi ga banyak berharap earning dr situ, mending bikin beberapa blog lagi yang emang khusus dioptimasi untuk adsense

  • Anonymous  
    November 26, 2008 at 8:54 AM

    pake dong.. kan pengen juga dikit dapet duit dari onglen, soal hasilnya emang sekrg om gugel peliittt bgt, CPC menurun drastis, visitor naik, klik naik, eh earning turun, apa karena dampak resesi ini juga kali yah. mohon pencerahan..

  • Anonymous  
    November 26, 2008 at 9:50 AM

    Mantab nih infonya. Sekedar tambahan, saya punya tips tentang cara mendaftar adsense (iklan dikit ah, hehe).

  • Anonymous  
    November 26, 2008 at 11:28 PM

    @Ardian: Hehe.. coba periksa di sini, mungkin bisa membantu http://theadmaster.net/?p=105
    @Broad:thanks
    @bertopeng17:Sabar..dah dapat email dari google blom?
    @arielz:depend on..hehe
    @BelajarNgeblog:hehe bisa saja
    @Phoeninx:thanks..siip..langsung ke TKP

  • Kristina Dian Safitry  
    November 27, 2008 at 12:54 PM

    menarik. ikutan ah..ketrima gak ya?hi..hi..

  • Anonymous  
    December 2, 2008 at 12:47 AM

    Google AdSense lumayan juga untuk tambah-tambah dolar.

  • Anonymous  
    December 2, 2008 at 4:56 AM

    saya juga pengen optimalin dr adsense mas..kl sy denger2 blm cukup kalo punya beberapa blog saja earning dari adsense..ktnya master adsense punya kira-kira 25 site/blog...

  • Anonymous  
    December 2, 2008 at 1:27 PM

    menambah pasif income juga bisa

  • Ardian  
    December 14, 2008 at 12:37 PM

    Ulasan yang sangat lengkap mas :)

    Klo boleh menanggapi komentar mas Yusa, menurut aku memiliki beberapa blog memang membuat kemungkinan kita untuk mendapatkan $$$ semakin besar, namun pada kenyataannya blom tentu seperti itu :)

    Aku masih inget mas Cosa pernah menulis bahwa "lebih baik memiliki 1 buah blog yang menghasilkan $10/hari daripada memiliki 10 buah blog yang menghasilkan $1/hari"

    Nah, dari perkataan tersebut bisa di bayangkan bahwa dengan memiliki 1 blog saja sebenarnya sudah cukup asalkan kita bisa memaksimalkannya hingga menghasilkan $10/hari. Selain itu energi dan waktu yang tersita juga tidak terlalu banyak. Bayangkan jika kita memiliki 10 buah blog, energi serta waktu yang tersita sangat banyak dan sangat melelahkan. Jika memiliki 10 blog maka kita harus membagi waktu untuk mengurusi semua blog tersebut dan belum lagi jika penyakit malas datang. Bisa2 kesepuluh blog tadi malah ga keurus dan akhirnya ga bisa menghasilkan $$$ sama sekali :D Coba deh kita renungkan, lebih baik mana ? Memiliki 1 blog yang menghasilkan $10/hari atau memiliki 10 blog yang menghasikan $1/hari ?

    Itu sih tanggapanku :D Tapi aku ga ngelarang kok buat kamu semua yang pengen memiliki blog dalam jumlah banyak, soalnya aku sendiri punya banyak blog (tapi banyak yang ga ke urus) :D hehehe2x

Post a Comment