Internet Income - Uang Dari Internet

Internet Income: Bisnis Internet | Bisnis Online | Make money online | Paid to review | paid per click | paid to click | bisnis affiliate | Bisnis Web Hosting | bisnis lewat internet

Iklan Testimoni, Efektifkah?  

Testimoni dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti kesaksian. Jadi iklan testimoni adalah iklan yang memberikan kesaksian konsumen terhadap suatu produk barang atau jasa.

Jika dilihat dari makna kata, Testimoni memiliki beberapa makna:

  1. Statemen yang muncul sebagai bentuk pengakuan atas sebuah fakta (kesaksian
  2. Statemen yang muncul karena adanya kekaguman (tribute)
  3. Statemen yang muncul sebagai bentuk rekomendasi dari seseorang ke orang lain.

Masih dalam konteks advertising, testimoni adalah konteks/how to say/kemasan penyampaian. Kemasan penyampaian ini sah-sah saja digunakan oleh produk yang sudah mapan maupun produk yang baru muncul, selama isi/konten/what to say yang disampaikan relevan dengan keadaan produk.

Banyak orang yang memanfaatkan testimony dalam memasarkan produknya. Testimoni sangat tidak asing bagi orang-orang yang aktif mengikuti bisnis yang berbasis jaringan. Namun demikian produk-produk yang dipasarkan dengan cara konvensionalpun banyak memanfaatkan iklan testimoni dalam mempromosikan produknya. Sebut saja produk teh, detergent, kosmetik, obat-obatan, suplemen, anti nyamuk dan lainnya.

Syarat sebuah produk menggunakan testimoni adalah jika apa yang dimunculkan dalam testimoni tersebut relevan dengan kondisi produk yang dipromosikan. Jujur dan spontan.

Pembuatan iklan testimoni yang benar, seharusnya tidak menggunakan skrip, melainkan kalimat yang muncul secara spontan dari konsumen. Karena ketika testimoni tersebut berupa skrip yang dihapal, maka unsur spontanitas dan kejujurannya menjadi hilang. Akibatnya kredibilitas pada iklan tersebut juga ikut berkurang.

Testimoni bermakna kesaksian, pembuktian melalui pengalaman langsung. Dan itu berarti apapun yang disebutkan dalam kesaksian itu adalah sebuah kenyataan yang pernah dialami seseorang. Tentu saja, jauh lebih bernilai daripada pengakuan seseorang atas dirinya sendiri. Ini sangat penting, karena publik mengakui kredibilitas seseorang bukan dari pengakuannya tetapi apa yang ditunjukkannya.

Jika anda ingin memanfaatkan iklan jenis ini dalam memasarkan produk anda, gunakanlah cara yang benar. Iklan testimonial dipercaya mempunyai kekuatan yang dahsyat dalam memasarkan suatu produk, jika disampaikan dengan jujur dan memenuhi kaidah-kaidah yang benar.

Banyak iklan testimonial yang dibuat tidak memperhatikan kaidah di atas. Sehingga kesannya seperti dibuat-buat dan sering menyesatkan calon konsumen.

Salah satu contoh iklan testimoni yang pernah saya buat bisa dilihat di sini.

AddThis Social Bookmark Button

6 comments

Post a Comment