Internet Income - Uang Dari Internet

Internet Income: Bisnis Internet | Bisnis Online | Make money online | Paid to review | paid per click | paid to click | bisnis affiliate | Bisnis Web Hosting | bisnis lewat internet
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Difersifikasi Bisnis Online  

“Don’t put all you eggs in one basket.” Robert T Kyosaki.


Yup..Pernyataan di atas sangat populer di tengah masyarakat, terutama yang tertarik dalam bidang bisnis dan investasi. Bisnis Online sebagaimana bisnis lainnya juga memiliki resiko yang cukup tinggi, oleh karena itu jangan hanya bergantung pada satu jenis bisnis saja.

Bergantung pada satu stream bisnis saja sangat beresiko di dunia bisnis online. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sudah banyak sekali bisnis internet yang gulung tikar dan meninggalkan anggotanya begitu saja.


Pengalaman pahit ini pernah saya alami pada bulan Maret 2008 yang lalu, dimana 6 buah blog saya yang sedang meningkat penghasilan onlinenya, tiba-tiba lenyap begitu saja. Sehingga saat itu saya harus memulai kembali membangun bisnis online saya dengan semangat yang masih tersisa. Dengan sisa tabungan hasil bisnis sebelumnya saya sewa host dari bluehost.com dan membangun blog saya yang baru dengan menggunakan nama yang sudah kadung dikenal oleh rekan-rekan blogger yaitu "tentang-bisnisku".

Ya.. waktu itu saya menempatkan semua blog saya dalam satu akun blogger, sehingga semua blog yang ada dalam akun itu semuanya diberangus oleh blogger.com, padahal ada satu blog yang tidak begitu aktif dan belum sempat saya jadikan sebagai papan iklan, karena memang baru saya bangun sekitar dua minggu sebelum peristiwa tersebut. Nah, berdasarkan pengalaman itulah saya coba mengubah strategi. Saya masih menggunakan akun blogger saya yang lama dan membangun blog ini, selain tentang-bisnisku.com. Selain itu saya juga membuat akun blogger baru untuk blog saya yang lain.
Memang recovery bisnis online saya tidak berjalan sebagaimana yang saya harapkan, karena banyak sekali kendala yang saya hadapi setelah itu. Diantaranya saya sempat istirahat ngeblog karena alasan kesehatan. Kemudian saya harus pindah tugas, dimana saya membutuhkan konsentrasi penuh di tempat yang baru untuk menyesuaikan diri, terakhir sekitar bulan Juni 2008 yang lalu fasilitas internet di rumah saya rusak berat, sehingga saya tidak bisa online selama kurang lebih 2 bulan. Baru sekitar 1 bulan terakhir ini saya mulai aktif lagi. Yah...Bisnis memang banyak tantangannya.

Difersifikasi dalam bisnis sangat diperlukan untuk mengurangi resiko yang akan dihadapi. Belajar dari pengalaman saya, difersifikasi sepertinya mutlak diperlukan dalam bisnis termasuk bisnis online.

Selain "toko" online anda yang tidak anda tempatkan pada satu akun saja, jenis bisnis yang anda ikuti juga harus anda difersifikasi. Jika anda hanya mengandalkan bisnis dibidang periklanan yang sangat mengandalkan pagerank blog atau website seperti Text Link Ads, Adsense, dan juga paid review, anda akan berpotensi kehilangan atau berkurang penghasilan anda pada saat pagerank anda jatuh pada saat google melakukan update pagerank. Sebagaimana diketahui google sangat anti dengan jual beli link, dan review-review yang berbayar. Sudah banyak pebisnis online yang mengalami hal ini.

Untuk menghindari hal itu anda bisa mencoba bisnis lain seperti affiliate, bisa affiliate webhosting atau program-program affiliate lainnya. Pengalaman saya, selama saya tidak mendapat job dari paid review, text link, saya masih mendapat penghasilan dari penjualan web hosting dari program affiliate bluehost.com yang saya ikuti. Anda juga bisa mengikuti program-program affiliate lainnya seperti moreniche dan menjual produk-produk mereka seperti Making You Richer , Proactol, Aloeride dan banyak lagi.

Nah, Mulailah menyiapkan beberapa keranjang telur anda agar telur yang anda kumpulkan tidak rusak semuanya jika terjadi sesuatu.

AddThis Social Bookmark Button

10 comments

Post a Comment